Jati Mulyo, Lampung Selatan - INDONESIA
+62 0812 8890 680 agritusi@gmail.com

Pengenalan Hidroponik Sederhana

pelatihan agritusi

Perkembangan budidaya tanaman dengan menggunakan teknik hidroponik terus berkembang di Indonesia dan bahkan sudah menjadi ladang bisnis yang menjanjikan di masa yang akan datang.  Apa sebenarnya hidroponik itu sendiri? Hidroponik merupakan budidaya tanaman tanpa menggunakan media tanah (soiless).  Bertanam secara hidroponik merupakan teknologi bercocok tanam yang menggunakan air, nutrisi, dan oksigen.

Kenapa harus dengan hidroponik..? Mungkin Anda juga bertanya tentang hal ini.  Ada beberapa point penting mengapa kita juga perlu mengembangkan teknik budidaya dengan hidroponik, diantaranya adalah: a) Semakin  berkurangnya lahan pertanian; b) terus bertambahnya pertumbuhan penduduk dunia; c) semakin tingginya permintaan akan sayuran segar; d) semakin meningkatnya kesadaran masyarakat akan konsumsi sayuran sehat.

Banyak manfaat yang bisa diperoleh dengan sistem berkebun hidroponik. Di antaranya: produksi tanaman lebih tinggi;dapat menghemat penggunaan tempat;lebih terjamin dari hama dan penyakit, terutama penyakit yang berasal dari tanah karena bertanam hidroponik tidak menggunakan tanah; tanaman tumbuh lebih cepat dan pemakaian pupuk lebih hemat; bila ada tanaman yang mati, bisa dengan mudah diganti dengan tanaman baru; tidak ada gulma dan tumbuhan pengganggu; dan tanaman memberikan hasil yang kontinu; serta konsumsi air yang relatif lebih sedikit dibandingkan dengan metode tradisional.

Jenis tanaman yang dapat dibudidayakan dengan teknik hidroponik adalah jenis sayuran (baik daun dan buah, seperti: Bayam, Pakcoy, Sawi, Kangkung, Tomat, Cabai, Paprika, dll); jenis tanaman bunga; tanaman buah: Melon, Strawberry, dll; dan bahkan sampai dengan tanaman obat untuk keluarga, seperti: Binahong, Pegagan, Sendok-sendokan, dll.

Mau tahu lebih banyak tentang bagaimana tahapan dalam budidaya tanaman secara hidroponik, silahkan download E-Book gratis kami dari agritusi.com, berikut ini.

Pay with a Tweet to download Panduan Hidroponik Gratis

Selamat membaca dan mempraktikkan di rumah Bapak/Ibu/Saudara sekalian yang kami hormati. Sukses…!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *